SELAMAT DATANG DI INDONESIA NLP ACADEMY

Selamat datang di Indonesia NLP Academy

Blog ini adalah sebagai wadah pembelajaran kita bersama.
Dengan motto: Belajar...Bertumbuh...dan...Berbagi... mengajak Anda semua bersama-sama mengalami transformasi pembelajaran yg sejati.

Misi: "Dare cum amore et compassione" (Memberi dengan penuh cinta dan ketulusan hati)
Rekan-rekan yang mulia, silahkan memberi masukan, demi perkembangan dan pertumbuhan blog ini. Terima kasih.

Senin, 18 Agustus 2008

Rahasia #2: Keberhasilan Michael Phelps di Beijing

Rahasia #2: Keberhasilan Michael Phelps di Beijing (Habis)

Proses Dramatis Rekor demi Rekor diraihnya
Rekor demi rekor ditumbangkan Michael Phelps di Olimpiade Beijing. Perenang Amerika tersebut merebut medali emas ketujuhnya di Beijing dengan menjuarai nomor 100 m gaya kupu-kupu.

Kemenangan Phelps di 100 m kupu-kupu di Water Cube, Beijing, adalah medali emas ketujuhnya di Beijing. Medali
ketujuh Phelps ini diraih dengan cara yang dramatis. Perenang AS berumur 23 tahun itu mencatat waktu 50,58 detik, hanya unggul 0,01 detik di depan perenang Serbia Milorad Cavic.

Saking tipisnya perbedaan waktu dua perenang itu, tayangan ulang di televisi harus mengulang gambar ketika dua perenang mencapai garis finis dengan gerakan sangat lambat.

Kesan Phelps di Emas ketujuhnya:
"Saya terkejut di akhir lomba. Ini seperti sebuah reaksi yang tertunda. K
etika Cavic nyaris menyentuh dinding finis, Saya membuat satu kayuhan tambahan. Saya pikir bila saya melakukannya dengan setengah kayuhan, saya akan kalah. Tapi itulah yang membuat perbedaan pada akhirnya.

Tim Amerika Serikat membantu Michael Phelps memuluskan upayanya meraup banyak emas di k
olam renang Olimpiade Beijing. Misalnya emas kedua di nomor gaya ganti perorangan 400 meter, di mana ia juga memperbarui rekor dunia atas namanya. Tentu saja didapat dengan bantuan rekan-rekannya, terutama Jason Lezak yang tampil mati-matian di sesi terakhir, setelah sempat tertinggal dari Prancis.

Banyak orang menyebut pertarungan tersebut adalah yang paling seru di Water Cube sejauh ini. Tidak hanya itu, catatan yang dibuat tim AS pun memecahkan rekor dunia menjadi tiga menit 8,24 detik, hampir empat detik dari rekor sebelumnya.

Memecahkan Rekor Mark Spitz
Michael Phelps telah merebut delapan medali emas di Olimpiade Beijing kali ini. Mark Spitz, pemegang rekor dengan tujuh medali emas, rela rekornya dipatahkan.

Merengkuh tujuh emas di Olimpiade Munich 1972, Marks Spitz menjadi legenda renang dunia. Namu
n kini seorang legenda baru siap lahir. Phelps, yang sama dengan Spitz berasal dari AS, telah mematahkan rekor itu.

Keperkasaan dan dominasi Phelps sudah terlihat di nomor pertama yang diikutinya, yakni nomor 400 meter gaya ganti putra. Ia berenang jauh meninggalkan rival-rivalnya, meraih emas dan memecahkan rekor dunia atas namanya sendiri.

Bagaimana komentar Spitz tentang prestasi Michael Phelps?
"Dia nyaris identik dengan saya. Dia adalah pemegang rekor dunia di semua event. Dia mendominasi cabang renang seperti yang saya lakukan dulu. Dia mengingatkan saya pada diri sen
diri. Tidak ada yang bisa saya katakan atau perbuat untuk mencegah ini (patahnya rekor) terjadi. Saya pikir apa yang telah saya lakukan menginspirasinya. Dia terinspirasi untuk mengikuti jejak saya."

Melihat cara Phelps memenangi emas pertamanya, keyakinan bahwa pemuda 23 tahun itu bakal bisa mematahkan rekor Spitz makin menebal. Spitz sendiri rela rekornya dipatahkan oleh juniornya.

Meski rela rekornya dipatahkan, Spitz secara berseloroh menyebut sebetulnya dia bisa juga merai
h delapan emas. Itu bisa terjadi seandainya nomor 50 meter gaya bebas sudah dipertandingkan 36 tahun silam.

"Saya memenangi tujuh nomor. Jika saya dulu mempunyai nomor 50 meter gaya bebas, saya mungkin bisa memenanginya juga," tutup pria yang kini berusia 58 tahun tersebut.
Isu Doping Menerpa
Raihan luar biasa Michael Phelps di Beijing bukan hanya menuai decakan kagum. Juga terbersit kecurigaan unsur doping turut pegang peranan. Tapi dia tetap santai karena yakin dirinya bersih.

Delapan medali emas dan Tujuh pemecahan rekor dunia sukses dicatat Phelps di Beijing. Selain itu, Phelps kini juga sudah dinobatkan jadi atlet tersukses Olimpiade dengan raihan total medali emas saat ini sejumlah 14 buah. Luar biasa? Tentu saja.

Di sisi lain hal itu tak pelak menimbulkan dugaan-dugaan miring. Raihan Phelps dinilai terlalu bagus untuk dipercaya. Dopingkah dia?

Apa kata Michael Phelps tentang dugaan Doping tsb?
"Siapapun bis
a bilang apapun yang mereka mau. Saya tahu saya bersih. Saya sudah melakukan tes di 'Project Believe' dengan USADA (Badan Anti Doping AS) di mana saya sengaja menginginkan tes lebih banyak untuk membuktikan itu (bersih dari zat terlarang). Orang-orang bisa mempertanyakan semau mereka tapi fakta tetap fakta dan saya punya hasil guna membuktikannya."

(Sebagai catatan, 'Project Believe' adalah sebuah program tes doping secara sukarela, di mana para partisipan menyediakan sampel urin dan darah di luar tes reguler.)

Apa sih yang membuat Michael Phelps Luar biasa?
Saat Michael Phelps mengukir sejarah menjadi manusia pertama yang meraih 14 medali emas Olimpiade, orang lantas mempertanyakan? Apa sih yang dimakan perenang Amerika Serikat ini hingga begitu supernya?

Enam medali emas di Olimpiade Athena dan delapan di Beijing 2008 menjadikan Phelps sebagai atlet dengan medali emas terbanyak sepanjang sejarah Olimpiade. Dengan usia yang masih muda, rekor tersebut jelas masih bisa bertambah di Olimpiade edisi berikutnya.

Lalu apa sih yang membuat cowok 23 tahun itu begitu superior di lintasan renang? Giat berlatih sudah pasti, rahasia lain yang dimiliki Phelps terkait dengan menu makannya sehari-hari yang butuh banyak kalori mengingat aktivitas luar biasa yang dia lakukan saat berlatih maupun di tengah pertandingan.

TUBUH Michael Phelps memang tampak macho, ramping dan atletis segagah patung David yang diciptakan Michaelangelo. Namun siapa yang menyangka, diet dan pola makan yang dijalani perenang fenomenal kelahiran Baltimore Amerika Serikat itu kedengarannya mungkin jauh dari sosoknya sebagai seorang juara dunia.

Peraih delapan medali emas Olimpiade Beijing 2008 itu setiap harinya mengonsumsi sekitar 8.000 hingga 10.000 kalori setiap hari. Menu favorit yang tak pernah dilewatkannya adalah pizza dan pasta, selain ia juga rutin melahap sandwich isi telur ceplok. Sangat mengejutkan memang, namun dia memang membutuhkan itu jika mengingat ada 17 pertandingan yang harus dia lakoni dalam sembilan hari kompetisi di Beijing.

Nah, bagaimana kalori sebanyak itu dapat membuatnya begitu "perkasa" sehingga banyak kalangan mengakui Phelps sebagai atlet olimpiade paling sukses sepanjang sejarah Olimpiade? Berikut seputar rahasia kesehatannya di balik kesuksesan Michael Phelps:

Bagaimana Phelps dapat melahap hingga 10.000 kalori setiap hari tetapi tubuhnya begitu ramping?
Tidak diragukan lagi bahwa Phelps dapat menghabiskan hampir satu ton makanan. Namun para ahli percaya bahwa ia sebenarnya tidak mengonsumsi kalori sebanyak itu. Direktur Nutrisi Olahraga dari University of Pittsburgh, Leslie Bonci, MPH, RD, menyatakan bahwa melahap 10.000 kalori setiap hari adalah hal yang nyaris mustahil. "Untuk memenuhi kabutuhan 10.000 kalori dalam sehari, Phelps tentu perlu makan terus-menerus sepanjang hari," ujarnya.

Bonci memperkirakan bahwa untuk mendukung postur setinggi 1,92 meter dengan bobot kira-kira 88 kg, Phelps memang membutuhkan kalori yang tak sedikit untuk aktivitasnya. Untuk program latihan ketat yang dijalaniya secara rutin, ia butuh sekitar 1.000 kalori per jam terutama saat berlari atau berlatih renang.

Apa yang dimakan Phelps saat sarapan?
Bob Costas, pada suatu kesempatan pernah mengulas menu sarapan Phelps. Setiap pagi, perenang super yang berhasil melampaui rekor prestasi Mark Spitz itu melahap tiga peket sandwich berisi telur ceplok, keju, selada, tomat, bawang goreng, mayones. Ia lalu melahap omelet, semangkuk bubur jagung, tiga lembar roti panggang Prancis bertabur gula dan tiga pancake bertabur chocolate-chip.

Tanpa mengetahui secara detail porsi, resep serta bahan-bahan dalam menu tersebut, sarapan Phelps diperkirakan bernilai sekitar 3.000 kalori, di mana setengahnya berasal dari karbohidrat, 35 persennya lemak dan 15 persennya adalah protein.

Apakah Phelps tidak akan merasa gembung ketika berlomba?
Mengatur asupan makanan memang sebuah tantangan besar bagi semua atlet untuk memastikan bahwa mereka memiliki cukup kalori sebagai bahan bakar untuk berlomba tanpa merasa gembung.

Bonci menyarankan para atlet untuk memanfaat cairan padat bernutrisi sepeti smoothies atau minuman kental padat gizi yang bisa membuat perut kosong lebih cepat ketimbang makanan-makanan padat.

Bagaimana Phelps menyeimbangkan aktivitas makan, tidur dan pemulihan sehingga ia siap untuk lomba berikutnya?
Ini adalah suatu pola penyeimbangan yang rumit. Terkadang Phelps hanya beristirahat selama satu jam di antara perlombaan. Mempertahankan otot supaya tetap bertenaga dan siap untuk memecahkan rekor memerlukan suatu kebiasaan dan pola hidup yang ketat agar cukup untuk menyuplai energi, serta untuk memulihkan otot-otot yang stres dan lelah sehingga siap untuk lomba berikutnya.

Apa komentar Michael Phelps tentang menu makanannya?
”Semuanya ternyata terletak pada telur goreng.
Lebih tepatnya tiga sandwich telur goreng dengan keju, tomat, bawang serta selada. Itu saja? tentu tidak karena itu hanya menu pembuka. Makan, tidur dan berlatih, hanya itu semua yang bisa saya lakukan."

Rahasia Michael Phelps dalam meraih 8 Emas:
”Bahwa apa yang saya capai saat ini merupakan akumulasi dari kerja keras dan dedikasi selama ini, bukan karena bantuan zat stimulan atau semacamnya. Ini merupakan kombinasi dari semuanya. Tidur sebanyak yang saya bisa, mencoba memulihkan kondisi, menyiapkan materi latihan sebaik yang saya bisa dan mencoba sebanyak mungkin terus berlatih.”

Semoga tulisan ini bermanfaat dan memberikan pencerahan

Salam Cinta & Ketulusan hati,

Markus Tan

Master Trainer Best Camp

Licensed Practitioner of NLP

Founder of Life Management Institute (LMI)
> www.best-camp.com

> www.markustan.com

> www.idnlp.com (Indonesia NLP Academy)

Tidak ada komentar: